Denpasar, Tingkat Kelulusan Terbaik Nasional

Diposting oleh alexandria joseph | 08.50


Liputan6.com, Denpasar: Dinas Pendidikan Kota Denpasar, Provinsi Bali, menyatakan tingkat kelulusan peserta ujian nasional SMA/SMK di daerah tersebut terbaik di seluruh Indonesia.

"Tingkat kelulusan UN SMA/SMK di Denpasar kali ini masih tetap tertinggi baik di tingkat provinsi maupun secara nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, I Gusti Lanang Jelantik di sela-sela peninjauan pengumuman kelulusan UN di SMAN 4 Denpasar, Senin (16/5).

Dia mengatakan, pihaknya mengklaim tingkat kelulusan UN di Denpasar itu terbaik di seluruh Tanah Air, berdasarkan dari nilai rata-rata peserta yang tinggi untuk semua program studi, yakni IPA dan IPS. Nilai rata-rata kelulusan siswa itu untuk kedua program studi tersebut adalah sekitar 56-58.

"Siswa dengan nilai tertinggi program studi IPA secara nasional berasal dari SMAN 4 Denpasar, sedangkan untuk IPS diperoleh siswa SMAN 3 Denpasar," ujarnya.

Jelantik menjelaskan, dengan hasil kelulusan tersebut memupus anggapan miring hasil kelulusan yang dicapai pada 2010, karena diduga terjadi banyak kecurangan dan kebocoran soal saat pelaksanaannya.

Selain itu, menunjukkan bahwa kualitas peserta UN di ibu kota Provinsi Bali tersebut memang teruji kemampuannya, karena soal ujian tahun ini dirancang berbeda.

"Belum lagi bentuk pengawasan pelaksanaan UN yang begitu ketat, mulai dari pendistribusian sampai pemeriksaan soal dan lembar jawaban sehingga tidak ada celah terjadinya kecurangan," katanya.

Dia berharap prestasi yang baik itu bisa terus dipertahankan setiap tahunnya, dan menjaga supaya nilai rata-rata kelulusan peserta tetap tinggi.(ANT/ARE)


Labels:




0 komentar
Photobucket