Korea Incar Proyek Jembatan Selat Sunda

Diposkan oleh alexandria joseph | 01.04


VIVAnews - Korea Selatan serius berminat ikut dalam proyek Jembatan Selat Sunda. Bahkan Presiden Korea mengutus menteri ekonominya agar membahas proyek ini.

"Menteri Ekonomi Korea diutus oleh presidennya untuk secara spesifik membahas proyek, berpartisipasi dalam pembangunan Jembatan Selat Sunda," ujar Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantornya, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2011.

Menurut Hatta, minat itu disampaikan pada saat pertemuan dengan pemerintah Korea Selatan beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan yang membahas dukungan Korea terhadap percepatan pembangunan ekonomi Indonesia, Korea menawarkan investasi sekitar US$20 miliar."Saya hitung nilainya sekitar US$20 miliar," jelas Hatta.

Namun, saat ini pemerintah belum memutuskan proyek kerjasama seperti apa yang akan dilakukan dengan Korsel, apakah sebagai kontraktor atau hanya investor. "Kami belum sampai pada satu keputusan apa, akan tetapi hanya baru menyampaikan minatnya untuk dapat ikut berpartisipasi." Terang Hatta.

Sebelumnya, selain Korea, negara China dan Malaysia juga berminat dalam pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera. Rencananya, jembatan ini memiliki panjang 2,2 kilometer, dan menghabiskan dana sekitar Rp100 triliun.
• VIVAnews


Labels:




0 komentar
Photobucket