Lensa Mata yang Bisa Dipakai Setiap Hari

Diposkan oleh alexandria joseph | 14.51


img
Jakarta, Bila Anda tak suka mengenakan lensa kontak karena repot harus membersihkan dan melepaskan tiap hari, Anda bisa mencoba RGP sebagai pilihan lensa kontak yang tak perlu dilepas tiap hari.

RGP atau Rigid Gas Permeable merupakan lensa kontak yang tak perlu diganti tiap hari bahkan aman digunakan saat tidur. RGP bisa dibersihkan atau dilepas setelah beberapa hari bahkan ada yang hingga 30 hari.

"Lensa kontak RGP ini lebih nyaman karena tidak perlu dilepas tiap hari," jelas Dr Surya Utama, SpM, Spesialis Mata dari Eka Hospital Pekanbaru, disela-sela acara Clients Gathering Eka Hospital di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (19/5/2011).

Menurut Dr Surya, lensa kontak RGP ini memungkinkan terjadinya pergantian oksigen sehingga tidak terjadi hipooksigen di kornea, yang menyebabkan pandangan terganggu.

RGP (Rigid Gas Permeable) adalah lensa kontak kaku yang terbuat dari plastik tahan lama yang memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen. Meski sifatnya kaku, RGP tidak seperti lensa keras yang tidak bisa mengirimkan oksigen, seperti dilansir Allaboutvision.

RGP memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen yang sangat dibutuhkan permukaan depan mata agar tetap sehat. Inilah yang membuat RGP tidak perlu dilepas setiap hari, bahkan tetap bisa digunakan saat tidur.

"Lensa kontak yang biasa kan harus sesuai dengan bentuk kornea. Jadi seperti fitting kebaya, harus pas. Karena lensanya menempel pada kornea, jadi tidak bisa terjadi pertukaran oksigen. Tapi kalau RGP ada celah antara lensa dan mata sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen," jelas Dr Surya yang merampungkan pendidikan dokternya di FK Universitas Brawijaya.

Menurut Dr Surya, harga untuk lensa kontak RGP memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan lensa kontak biasa (soft lens). Namun, lensa RGP dapat membuat penglihatan Anda lebih baik dan lebih tajam, daya tahan dan ketahanan lensa lebih lama ketimbang soft lens.

Dengan sedikit perawatan, RGP dapat memiliki daya tahan yang lebih lama hingga bertahun-tahun. Bila dihitung untuk jangka panjang, biaya yang dikeluarkan tetap lebih murah dibandingkan soft lens.

Tapi dibandingkan dengan lensa kontak biasa (soft lens), adaptasi pada penggunaan RGP jauh lebih lama.


Labels: ,




0 komentar
Photobucket