9 Buah-buahan asli dari Indonesia lho

Diposting oleh alexandria joseph | 20.15


1. Durian.


Wah, ternyata buah berduri yang memiliki julukan "King of Fruit" ini asli dari Indonesia. Durian ini merupakan buah yang ditemukan di Sumatera dan juga Kalimantan.Sekarang ada ratusan variasan durian yang telah tersebar di seluruh dunia. salah satunya di Thailand terdiri atas 300 varian durian.

2. Manggis.

Manggis merupakan buah yang pada awalnya ditemukan di daerah kalimantan dan juga Sunda. Rasanya asam-manis yang kata orang sih sangat segar. kalo qu pribadi gak suka manggis.
Mungkin karena buah ini banyak mengandung vitamin dan antikoksidan, makanya Ratu Victoria yang berasal dari Inggris jadi tergila-gila.

3. Kedondong,

Nah, buah yang satu ini berasal dari daerah timur di Indonesia. Di dunia internasional, buah ini di kenal dengan nama "Ambarella". Kirain Umbrella.. heheh..
Nah, pada awal abad ke-20, kedondong ini mulai diperkenalkan ke Mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica.

4. Jambu air

Buah yang satu ini dihasilkan dari pepohonan tropis Indonesia. Bunganya berwarna putih, sedangkan buahnya yang berbentuk mirip bel punya variasi warna keputihan, merah dan hijau, tergantung pada jenisnya. Biasanya, jambu yang berwarna merah memilki rasa paling manis. Jambu air dikenal mancanegara dengan nama "Java Apple". Di beberapa negara, jambu air ini dibuat menjadi bahan-bahan untuk salad.

5. Belimbing atau Carambola
http://www.doa.sarawak.gov.my/images/belimbing.jpg
Buah ini asli berasal dari Maluku. Awalnya, buah ini menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga Amerika, khususnya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah, bentuknya mirip seperti bintang. Orang barat menyebut rasa belimbing sebagai penggabungan pepaya, jeruk, dan anggur. Ahh?? masa' sih??

6. Pisang

Nah, ini dia buah favoritku. Pisang juga buah asli Indonesia. Buah yang sekarang diolah jadi macam-macam dessert, seperti banana split, banana cake, atau banana pudding ini mulai dibawa ke Eropa pada abad 10. Dan Sekarang Amerika merupakan negara produsen Pisang terbesar, karena menguasai 65% produksi pisang dunia. Padahal negara asalnya Indonesia tapi yang jadi produsen terbesar malah Amerika.

7. Rambutan,

Rambutan juga buah asli Indonesia. Pada tahun 1906, Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat. Tapi sayang, rambutan nggak bisa hidup di sana. Mungkin karena rambutan hanya bisa tumbuh di daerah tropis kali ya. Sekarang beberapa negara seperti Thailand dan Malaysia terkenal sebagai pengekspor rambutan kemasan dalam kaleng.

8. Salak

Salak atau "Snake fruit" ini merupakan buah asli Indonesia. Buah ini memiliki beberapa variasi, ada yang manis, asam,dll. Tapi, banyak yang menganggap kalau buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia. Astaga!! Kok bisa ?

9. Duku atau Langsat

Duku atau di Daerahku lebih di kenal dengan sebutan Buah Langsat ini merupakan salah satu buah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya juga dijadikan flora identitas provinsi Sumatera Selatan. Di dalam negeri dan Asia Duku atau langsat sangat di minati, tapi untuk saat ini langsat belum menembus pasar Amerika dan Eropa.



Labels:




0 komentar
Photobucket