Nitrogen Ancam Kehidupan Ikan di Karibia

Diposkan oleh alexandria joseph | 01.11


VIVAnews - Polusi nitrogen mengancam kehidupan ikan-ikan yang ada di Karibia dan Teluk Meksiko. Peningkatan kadar nitrogen dalam laut, kali ini disebabkan oleh penumpukan limbah cair.

Sebuah studi yang diterbitkan melalui jurnal Global Change menyebutkan, pencemaran nitrogen di pantai Karibia sebenarnya sudah lama terjadi. Namun dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, kondisi ini diperparah oleh penggunaan pupuk sintetis di kawasan pertanian di sana.

Polusi nitrogen di Karibia sebenarnya sempat menurun karena praktik pertanian yang diterapkan semakin maju dan ramah lingkungan. Namun sayangnya, meningkatnya limbah cair yang masuk ke laut membuat kadar nitrogen kembali meningkat.

"Kita tidak bisa hanya berkata ekosistem pesisir kita tercemar oleh nitrogen," kata Kiho Kim, ilmuwan ahli ilmu lingkungan dari American University, seperti dikutip dari Redorbit, 18 Mei 2011.

Kim menyebutkan, konsekuensinya memang sama. Namun membedakan sumber polutan sangat penting untuk mengetahui cara penanggulangannya.

Meningkatnya jumlah di nitrogen di laut dapat mengancam kelangsungan eksosistem pesisir pantai. Penumpukan nitrogen telah menurunkan tingkat kejernihan air laut yang memicu pertumbuhan fitoplankton alga beracun atau dikenal dengan sebutan 'gelombang merah'. Invasi alga beracun ini telah menjadi alat pembunuh bagi ikan yang ada  didaerah yang tercemar.

Untuk mengetahui sumber polusi nitrogen di Karibia, Kim bekerjasama dengan museum hewan invertebrata Smithsonian Institution. Kim dan beberapa mahasiswa pasca sarjana American University lalu menganalisa 300 sampel bebatuan dari kurun waktu 150 tahun terakhir. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa pertanian dan limbah cair punya tanda yang berbeda-beda pada mahluk hidup seperti karang.

"Minimnya penanganan terhadap air hujan dan penanganan limbah yang buruk telah menjadi penyebab utama meningkatnya polusi nitrogen di Karibia selama sepuluh tahun terakhir ini," kata Kim. "Langkah kami selanjutnya adalah mendokumentasikan kejadian ini dalam sebuah tindakan."

Karibia selama ini dikenal memiliki pantai yang indah. Bahkan negara yang berada di sebelah selatan Florida ini kerap menjadi tujuan wisata bagi para pesohor dunia.
• VIVAnews


Labels:




0 komentar
Photobucket